Profil
Salah Satu BUMD di Kota Blitar
“oleh:
Zaini Rohmah (1711143090)
Hukum
Ekonomi Syariah IV-B”
Badan
Usaha Milik Pemerintah Daerah atau yang lebih dikenal BUMD adalah perusahaan
yang didirikan dan dimiliki oleh pemerintah daerah. Istilah ini hampir sama
dengan BUMN dan yang membedakan antara keduanya yaitu status kepemilikannya
apabila BUMN itu adalah milik Negara maka BUMD adalah milik pemerintah daerah.
Kewenangan pemerintah daerah membentuk dan mengelola BUMD ditegaskan dalam
peraturan pemerintah No. 25 Tahun 2000 tentang kewenangan pemerintah dan
kewenangan provinsi sebagai daerah otonom.
o Ciri-ciri
BUMD
a.
Pemerintah daerah memegang hak
atas segala kekayaan dan usaha.
b.
Pemerintah daerah berkedudukan
sebagai pemegang saham dalam pemodalan perusahaan.
c.
Didirikan peraturan daerah
(perda).
d.
Dipimpin oleh direksi yang
diangkat dan diberhentikan oleh kepala daerah atas pertimbangan DPRD.
e.
Masa jabatan direksi selama empat
tahun.
f.
Bertujuan memupuk pendapatan asli
daerah guna membiayai pembangunan daerah.
Pada
kesempatan kali ini kita akan membahas tentang salah satu BUMD yang ada di kota
Blitar Jawa Timur yakni PD. BPR. ARTHA PRAJA KOTA BLITAR.
PD.
BPR. ARTHA PRAJA mulai Beroperasi pada 1
Agustus 2007 yang beralamatkan di Jl. Mastrip No.75 Kelurahan Kepanjen Kidul,
Kecamatan Kepanjen Kidul, Kota Blitar. Berdirinya PD. BPR. ARTHA PRAJA KOTA
BLITAR bertujuan memberikan pelayanan yang wajar kepada para pedagang nasional
yang bermodal kecil serta mendapat kesempatan usaha bagi masyarakat dan
stabilitas perekonomian di Kota Blitar khususnya serta daerah Blitar pada
umumnya.
PD.
BPR. ARTHA PRAJA KOTA BLITAR dibentuk berdasarkan PERATURAN DAERAH KOTA BLITAR
NOMOR 15 TAHUN 2004 tentang PERUSAHAAN DAERAH BANK PERKREDITAN RAKYAT KOTA
BLITAR. Adapun bentuk badan hukum Bank Perkreditan Rakyat Milik Pemerintah Kota
Blitar ditetapkan sesuai Undang-undang Nomor 7 tahun 1992 tentang perbankan
sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 10 tahun 1998 dan Peraturan
Pemerintah nomor 71 tahun 1992 tentang Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dan surat
dari BANK INDONESIA No. 9/1/DPBPR/P3BPR/Kd isinya mengenai SALINAN KEPUTUSAN
GUBERNUR BANK INDONESIA No 9/25/KEP.GBI/DpG/2007 tentang Pemberian izin usaha
PD. BPR. ARTHA PRAJA.
o VISI
Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dan
potensi-potensi yang ada di Kota Blitar agar lebih produktif dalam rangka
penguatan ekonomi Kota melalui pengoptimalan pemanfaatan Lembaga Perbankan
Daerah sehingga Lembaga Perbankan Daerah menjadi Objek kegiatan ekonomi Kota
yang pro-aktif, positif, bertanggung jawab dan profesional.
o MISI
Bertindak sebagai motor penggerak dengan memperhatikan
faktor kepercayaan masyarakat didalam menggalang seluruh kegiatan ekonomi,
sebagai ujung tombak pelaksana sistem ekonomi Kota, memberdayakan pengusaha
mikro, kecil dan menengah serta membina masyarakat dalam kepedulian terhadap
perekonomian terhadap perekonomian secara terpola dan berkesinambungan sehingga
mampu untuk:
1.
Mengakomodir seluruh aspirasi
nasabah dan masyarakat Kota Blitar.
2.
Menggalang kerja sama antar nasabah,
antar kelembagaan dan instansi terkait serta Bank Umum demi kemaslahatan
Nasabah.
3.
Membangun dan menumbuhkembangkan
apresiasi dan kredibilitas lembaga, para nasabah dan seluruh masyarakat Kota
Blitar.
Strategi Pelayanan
Dalam upaya peningkatan pelayanan pada masyarakat agar dapat
berjalan seimbang dengan pertumbuhan usaha, maka dana yang dikelola disalurkan
dengan mempermudah pelayanan, yang diharapkan dapat
memberikan peningkatan usaha.
Berkaitan dengan hal tersebut sebagai peningkatan layanan
kepada nasabah maka perlu adanya terobosan pelayanan baik dibidang kredit
maupun pengerahan dana, terobosan pelayanan antara lain :
1. Mengintensifkan
dan memberdayakan pelayanan sebagai ujung tombak dan tempat kegiatan atau pusat
informasi bagi nasabah yang jauh dari kantor.
2. Pendekatan
secara door to door kepada nasabah yang mempunyai dana dan memberikan
bunga secara bersaing.
Berdasarkan strategi
pelayanan di atas PD. BPR. ARTHA PRAJA memberikan tiga layanan yaitu, Tabungan,
Deposito dan Kredit.
a.
Tabungan
Dalam
pelayanan tabungan ini PD. BPR. ARTHA PRAJA memberikan dua jenis layanan yaitu:
a)
TAMARA adalah tabungan yang
disediakan bagi Masyarakat dan Mitra Usaha untuk memudahkan bertransaksi dengan
mutu pelayanan prima agar terbentuk kerjasama yang baik sehingga para nasabah
mendapatkan keuntungan yang maksimal.
Keunggulan TAMARA :
ü Suku
bunga menarik .
ü Biaya
administrasi sangat ringan.
ü Dapat
dijadikan jaminan kredit.
ü Bebas
pajak 50%.
ü Aman
karena diikut sertakan dalam program penjaminan simpanan (LPS).
ü Bonus
Voucher Pulsa setiap bulan.
ü Berhadiah
langsung 1 (satu) buah souvenir cantik pada setiap pembukaan rekening baru.
b) PENA
adalah tabungan yang disediakan bagi Pelajar atau Mahasiswa untuk memudahkan
bertransaksi dan berbagai manfaat yang digunakan kedepannya.
Keunggulan PENA :
ü Suku
bunga menarik.
ü Biaya
administrasi sangat ringan.
ü Bebas
pajak 50%.
ü Aman
karena diikut sertakan dalam program penjaminan simpanan (LPS).
ü Berhadiah
langsung 1 (satu) buah souvenir cantik pada setiap pembukaan rekening baru.
b.
Deposito
a) DESIKA
(Simpanan Deposito Berjangka) adalah deposito berjangka yang sangat fleksibel
dan sangat aman dalam berinvestasi. Dengan suku bunga yang tinggi akan member
keuntungan yang maksimal bagi para Deposan.
Keunggulan DESIKA :
ü Suku
bunga tinggi dengan pilihan jangka waktu penempatan yang fleksibel 3,6 dan 12
bulan.
ü Pembayaran
bunga setiap bulan dapat dilakukansecara tunai atau masuk ke rekening
tabungan.
ü Aman
karena diikut sertakan dalam program penjaminan simpanan (LPS).
ü Dapat
dijadikan jaminan kredit.
b) DESIKASIS
(Deposito Berjangka Istimewa) adalah deposito berjangka yang sangat fleksibel
sangat menguntungkan dalam berinvestasi. Dengan HADIAH LANGSUNG berupa SEPEDA
MOTOR akan memberikan keuntungan yang lebih bagi para Deposan. Selain
mendapatkan Hadiah Langsung, Deposan masih mendapatkan Bunga per bulan-nya.
Keunggulan DESIKASIS :
ü Suku
bunga tinggi dengan jangka waktu 5thn.
ü Pembayaran
bunga setiap bulan dapat dilakukan secara tunai atau masuk ke rekening
tabungan.
ü Aman
karena diikut sertakan dalam program penjaminan simpanan (LPS).
ü Dapat
dijadikan jaminan kredit.
c.
kredit
1)
KANAL (Kredit Angsuran Bulanan) dari
Bank Artha Praja yang bertujuan untuk menyalurkan dana bagi Masyarakat pada
umumnya. Dengan suku bunga kredit ringan, pelayanan prima dan persyaratan mudah
akan membangun kerja sama yang baik bagi calon Debitur.
2)
KAMUS (Kredit Musiman) adalah produk
Bank Artha Praja yang diperuntukkan oleh masyarakat yang berprofesi sebagai
Petani.
3)
KAPAS atau yang biasa disebut Kredit
Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu produk Bank Artha Praja yang skim-nya di
peruntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil Kota Blitar Khususnya. Sesuai dengan
namanya yaitu KAPAS, kredit ini sangat ringan dalam segi apapun. Baik dari segi
Bunga maupun Potongan.
Dalam pengembangannya PD BPR ARTHA PRAJA
KOTA BLITAR mempunyai potensi yaitu:
1.
Membantu Pegawai Negeri Sipil di lingkungan
Kota dan Kabupaten Blitar dalam memperoleh fasilitas kredit.
2.
Sebagai lembaga perbankan yang ikut
membantu melayani dan mengembangkan semua sektor ekonomi melalui kredit umum.
3.
Untuk mendorong kearah pertumbuhan
dan pengembangan usaha, serta lebih memudahkan dalam memberikan pelayanan yang
lebih baik kepada masyarakat penggunan jasa perbankan, selanjutnya diperlukan
perluasan usaha dengan perencanaan membuka / memperluas kantor kas dan kantor
pelayanan yang diharapkan dapat mempercepat serta memperbesar kinerja
perusahaan.
Pada dasarnya apabila semua elemen dan strategi dalam perusahaan
berjalan dengan baik, maka akan terwujudlah visi dan misi PD BPR ARTHA PRAJA
KOTA BLITAR ini. Serta terwujudnya tujuan dari pendirian BUMD yaitu, memberikan
sumbangsih pada perekonomian nasional dan penerimaan kas Negara, mengejar dan
mencari keuntungan, pemenuhan hajat hidup orang banyak, perintis
kegiatan-kegiatan usaha, dan memberikan bantuan dan perlindungan pada usaha
kecil dan lemah.
DAFTAR
PUSTAKA
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Badan_usaha_milik_daerah
diakses pada tanggal 28 Maret 2016
https://arthapraja.com/sejarah/
diakses pada tanggal 28 Maret 2016
https://arthapraja.com/visi-dan-misi/
diakses pada tanggal 28 Maret 2016
https://arthapraja.com/potensi/ diakses pada tanggal 28 Maret 2016
https://arthapraja.com/strategi-pelayanan/
diakses pada tanggal 28 Maret 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar